Buku Roman Kategori untuk Orang Dewasa

Buku Roman Kategori untuk Orang Dewasa

Bagi sebagian orang, buku roman memang memiliki kharisma tersendiri. Namun, seperti apa buku roman itu sebenarnya? Simak artikel wawancara bersama Isabel Swift (Direktur Editorial dari Silhouette Books, New York) dikutip dari buku Books Editors Talk to Writers yang diterjemahkan oleh Mula Harahap (penggiat perbukuan).

Oleh: Isabel Swift (Direktur Editorial dari Silhouette Books, New York)
Penerjemah: Mula Harahap, Penggiat Perbukuan

Apa sebenarnya yang disebut dengan roman kategori itu?

Roman kategori adalah bagian dari sebuah genre besar novel roman. Adapun definisi novel roman, bisalah kita katakan sebagai, semua novel yang memiliki unsur roman di dalamnya. Tapi roman kategori memfokuskan diri terhadap perkembangan hubungan antara seorang perempuan dengan seorang lelaki, dan hubungan itu memiliki penyelesaian atau akhir yang menggembirakan. Di Silhouette dan Harlequin, roman kategori itu masih kami bagi lagi ke dalam beberapa lini buku. Setiap lini memiliki batasan minimum jumlah judul baru yang harus terbit setiap bulannya, desain sampul yang mengandung elemen-elemen yang konsisten, dan alur cerita yang menjanjikan tipe pengalaman membaca yang tertentu. Kami menerbitkan masing-masing 6 judul buku baru setiap bulan dalam seri Silhouette Romance, Desire, Special Edition dan Intimate Moments, 2 judul buku baru setiap bulan dalam Shadows, dan 4 judul buku baru setiap bulan dalam Historicals. Tapi sekadar catatan dari saya, Historicals bukanlah roman kategori.

Setiap seri atau lini produk kami memiliki isi dan gaya desain sampul yang tertentu, dan yang diarahkan pada pembaca dengan mood yang tertentu pula. Misalnya Silhouette Romance; itu adalah kisah cinta kontemporer yang tradisionil. Tebal bukunya sekitar 200 halaman, sampulnya didominasi oleh warna putih dengan ilustrasi berbentuk empat persegi panjang  yang berisikan gambar tokoh-tokoh utama. Adapun Silhouette Desire, itu adalah kisah-kisah sexy yang modern dengan sampul yang diberi bingkai merah. Silhouette Special Edition; itu adalah kisah cinta yang lebih panjang dan lebih kompleks, serta yang desain sampulnya berbentuk melingkar serta ada gambar busur di atasnya. Adapun Intimate Moments, adalah kisah yang mengandung elemen petualangan, ketegangan dan glamour, serta yang sampulnya diberi garis warna merah yang gelap. Adapun Silhouette Shadows, itu adalah kisah tentang sisi gelap dari percintaan, dan yang desain sampulnya diberi garis berwarna merah dan kuning tembaga di atasnya. Elemen-elemen yang konsisten dari setiap lini produk ini tentu saja akan membentuk pembaca dengan kualitas yang tertentu pula, dan karena itulah dia disebut sebagai roman kategori.

Apa yang membedakan Anda sebagai penerbit roman kategori dengan penerbit fiksi roman lainnya?

Harlequin dan Silhouette  menerbitkan lebih dari 775 judul buku baru setahun. Itu belum termasuk cetak ulang. Dan saya rasa tidak ada penerbit lain yang seperti itu.

Apakah kriteria Anda tentang sebuah roman kategori yang baik?

Kisahnya harus bisa berbicara kepada saya, dan memenuhi harapan pembaca kami. Jika seorang calon pembaca membeli sebuah buku Silhouette, maka sejak awal dia memang sudah mengharapkan akan memperoleh kisah cinta di dalamnya. Jika Anda menulis sebuah buku yang tak memiliki kandungan roman di dalamnya, maka buku itu bukan makanan kami.

Apakah ada rumusan untuk itu?

Tidak ada rumusannya. Tapi ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pengarang sehubungan dengan harapan pembaca tersebut. Pembaca mengharapkan penyelesaian akhir yang memuaskan. Tapi kami tak memiliki rumusan bagaimana melakukan hal tersebut. Itu adalah tugas pengarang. Merekalah yang harus menciptakan sebuah persoalan dan yang juga menciptakan penyelesaian yang setepatnya atas persoalan tersebut. Memang ada beberapa bumbu kunci yang diperlukan, tapi adalah tugas pengarang untuk meramu bumbu tersebut.

Bagaimana cara Anda membimbing para pengarang pemula?

Kami mempunyai lembaran tips, yang berisikan informasi tentang berbagai lini produk yang kami terbitkan. Kami meminta pengarang agar mengirimkan alamat mereka dan amplop balasan yang telah dibubuhi perangko, untuk kemudian kami kirimi lembaran tips yang juga berisi petunjuk tentang bagaimana cara menulis Silhoette Romance, Desire, Special Edition, Intimate Moments, dan Shadows, termasuk Harlequin Historicals. Petunjuk itu juga mencakup jumlah kata untuk setiap buku, derajat sensualitas cerita, dsb. Dan tentu saja untuk lebih mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan pembaca, kami menganjurkan calon pengarang agar membaca juga buku-buku yang telah kami terbitkan untuk setiap lini atau seri itu

Apakah Anda memiliki definisi tentang derajat sensualitas yang diperkenankan?

Ya, tentu saja. Misalnya, Silhouette Romance. Itu adalah kisah cinta yang tradisional. Karena itu kami tidak memperkenankan hubungan seks pra-nikah terjadi di dalamnya. Masing-masing seri atau lini memiliki batasannya sendiri, tapi tentu saja itu juga sangat tergantung dari hubungan dan situasi yang diciptakan oleh pengarang.

Apa yang menyebabkan novel roman menjadi begitu populer?

Novel roman itu ditulis untuk membuai dan menghanyutkan pembaca, untuk memanjakan imajinasinya, dan untuk membuatnya mengalami peristiwa membaca yang menyenangkan. Harlequin dan Silhouette adalah sebuah bisnis hiburan. Komitmen kami adalah bagaimana menghibur dan menyenangkan pembaca. Dan pembaca itu berasal dari berbagai latar belakang kehidupan. Banyak dari pembaca kami yang merupakan orang terdidik serta yang memiliki posisi yang menentukan di pekerjaan. Mereka sudah dipenuhi oleh berbagai tuntutan kehidupan dan pekerjaan. Oleh karena itu mereka ingin memperoleh pengalaman membaca yang bisa sekedar mereka nikmati, dan yang memberikan sesuatu kepada mereka, alih-alih yang menuntut mereka untuk memberikan sesuatu. Kalau Anda mempunyai pekerjaan yang berat di kantor, maka ketika  berada di rumah tentu saja Anda tak ingin lagi membaca Moby Dick. Hal yang  paling ingin Anda lakukan adalah rileks, santai, menyegarkan diri dan mengumpulkan kembali tenaga. Dan kehadiran buku-buku Silhouette serta Harlequin  sangat dibutuhkan oleh orang-orang seperti itu.

Berapa umur dan tingkat pendidikan rata-rata dari pembaca Anda?

Pembaca novel roman itu berada dalam spektrum usia dari 11 sampai 101 tahun. Hampir setengah dari mereka memiliki ijazah D-3, dan juga lebih setengah dari mereka merupakan pekerja paruh waktu dan penuh waktu.

Bagaimana perubahan yang terjadi pada pembaca Anda dalam perjalanan waktu, dan apakah hal itu juga mempengaruhi fokus penerbitan Anda?

Pembaca kami tentu saja mengalami perubahan, karena roman kategori  ditulis oleh dan untuk perempuan. Selama dekade terakhir ini memang telah terjadi perubahan dalam hal kesempatan, tantangan, pengambilan keputusan, kompromi dan pilihan yang harus dihadapi oleh perempuan. Dan hal itu tentu saja harus terefleksikan dalam buku-buku Silhouette.

Abad ini bisa disebut sebagai abad persamaan gender. Tapi mengapa tak ada fiksi romantis untuk lelaki?

Memang lelaki dan perempuan harus mendapat kesempatan yang berimbang.Tapi berimbang bukan berarti sama. Lelaki berbeda dari perempuan. Karena itu hiburan lelaki juga berbeda dari perempuan. Genre buku yang biasa dibaca lelaki ketika santai adalah kisah-kisah aksi, spionase, misteri atau fiksi ilmu pengetahuan.

Siapa sebenarnya para pengarang Anda?

Para pengarang kami adalah perempuan dari berbagai latar belakang kehidupan; pengacara, arsitek, guru, pemrogram komputer, perawat, dan ibu rumah tangga. Ada yang tamatan SMA, tapi ada juga yang tamatan perguruan tinggi. Para penulis kami juga ada yang belum atau tidak menikah, menikah, dan sudah bercerai atau janda. Tapi mereka semua adalah pecinta genre roman, punya komitmen dan menghargai pembacanya.

Apakah pengarang buku roman kategori memerlukan kredensi?

Tidak. Hal yang kami butuhkan hanyalah kemampuan menulis sebuah buku yang baik dan yang menarik bagi pembaca. Kredensi yang dibutuhkan dari seorang pengarang hanyalah pemahaman dan kecintaan terhadap genre yang ditulis,  komitmen terhadap pekerjaan menulis, komitmen untuk menjadi professional, dan upaya untuk senantiasa bersungguh-sungguh.

Hal yang menarik tentang roman kategori ialah, bahwa buku karya seorang pengarang pemula pun bisa saja mengalami keberhasilan yang sama seperti yang dialami oleh seorang pengarang kawakan. Pembaca biasanya menaruh kepercayaannya terhadap lini atau seri. Oleh karena itu pembaca selalu saja mau membaca karya seorang pengarang pemula, asal saja buku itu kelihatan baik.

Apa yang bisa Anda sarankan kepada pengarang yang akan menerbitkan sebuah roman kategori?

Saran saya hanyalah, cobalah memahami pembaca dan apa yang mereka cari. Banyak pengarang Silhouette yang mengalami keberhasilan karena dulunya mereka juga adalah pembaca. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang apa yang dicari pembaca, dan karenanya tahu apa yang akan mereka tulis.

Apa kebijakan Anda terhadap pengarang yang tidak diwakili oleh agen, dan yang ingin mengirimkan naskahnya kepada Anda?

Sebaiknya mereka lebih dulu mengirimkan proposal yang menyatakan tentang seri atau lini apa yang akan mereka tulis, dimana keistimewaan buku yang akan mereka tulis itu, informasi mengenai buku yang pernah mereka tulis dan terbitkan sebelumnya, dan ringkasan cerita sebanyak 2 atau 3 halaman agar kami memiliki gambaran tentang plot dan karakter, serta amplop yang disertai perangko untuk balasan. Proposal itulah yang akan kami pelajari, dan dari sanalah kami memutuskan apakah harus melanjutkan hubungan lebih jauh, atau tidak.

Pintu kami selalu terbuka bagi pengarang yang tidak diwakili oleh agen. Dan sejak kami mengembangkan sistem penjajagan dari para pengarang yang tidak diwakili agen, maka akwisisi naskah dari pengarang baru mengalami peningkatan.

Seberapa besar kans yang dimiliki oleh seorang pengarang baru agar bukunya bisa terbit di Silhouette Books?

Setiap tahun kami menerbitkan antara 15 sampai 20 judul buku dari pengarang baru. Kami selalu mencari pengarang baru yang berbakat.

Bagaimana cara anda memperoleh pengarang baru?

Kami memperolehnya melalui agen. Atau, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, kami memperolehnya melalui sistem penjajagan dari para pengarang yang tidak diwakili agen, dari sayembara yang sering kami adakan, dari menghadiri berbagai pertemuan pengarang, dan dari mana saja.

Sejauh manakah manfaat kehadiran agen bagi pengarang roman kategori di Silhouette Books?

Sebuah buku yang baik akan tetap terjual, terlepas dari apakah pengarangnya diwakili oleh agen atau tidak.  Begitu juga, sebuah buku yang jelek akan tetap tidak terjual, terlepas dari apakah pengarangnya diwakili oleh agen atau tidak. Di Harlequin dan Silhouette, surat perjanjian penerbitan bagi buku roman kategori sudah standar, dan tak terlalu banyak lagi ruangan yang tersedia bagi negosiasi. Dengan kata lain, dalam kontrak yang sudah standar seperti itu, maka kehadiran seorang agen sebenarnya sudah tidak terlalu signifikan. Kami memang agak berbeda dengan tipe penerbit buku lainnya. Tapi tentu saja di Harlequin dan Silhoette, kehadiran agen tidaklah sekadar menghadirkan pengarang. Seorang agen yang mengenal dengan baik penerbit dan genre buku yang akan ditulis, tentu saja akan merupakan asset yang sangat tidak ternilai bagi perkembangan karir pengarang.

Apa yang anda harapkan untuk diberikan oleh seorang pengarang baru?

Naskah. Setelah memberikan informasi tentang hal-hal yang perlu ditulis oleh seorang pengarang, maka kami juga ingin melihat naskah yang utuh sebelum menandatangani kontrak. Kami ingin melihat apakah si pengarang memiliki kemampuan dalam mempertahankan alur cerita dan menutup novelnya dengan baik.

Apa yang menyebabkan Anda begitu ingin untuk menjalin kerjasama dengan pengarang baru?

Setiap lini produk atau seri kami memiliki karakter yang sangat khas dan kuat. Seorang pembaca akan memilih sebuah buku pertama-tama disebabkan karena buku itu adalah Silhouette Desire atau Special Edition; bukan karena nama pengarangnya. Karakter yang sangat kuat dari sebuah lini produk atau seri itu menyebabkan seorang pembaca sudah tahu apa yang akan diperolehnya dari sebuah buku, dan karenanya mau mengambil risiko untuk membaca sebuah karya seorang pengarang yang baru. Hal seperti ini tidak akan kita temukan dalam penerbitan umumnya.

Apakah menulis roman kategori merupakan kesempatan yang baik bagi pengarang?

Di Silhouette saja kami menerbitkan 360 judul buku baru dalam setahun. Jika Anda memang seorang pengarang, dan Anda menyenangi genre roman, maka ini adalah kesempatan yang baik bagi Anda.

Seberapa banyakkah uang yang bisa diperoleh seorang pengarang fiksi roman?

Bagi seorang pengarang pemula, yaitu yang belum pernah menerbitkan buku dimana pun, maka uang muka royalti berkisar antara 2.000 sampai dengan 5.000 dolar. Tapi ini adalah uang muka yang akan diperhitungkan dari royalti penjualan buku. Karena itu, kalau bukunya banyak yang terjual, maka pengarang masih akan menerima lebih banyak uang lagi.

Ada beberapa dari pengarang kami, yang karena menulis secara konsisten dan baik, bisa hidup dari menulis. Dan ini sangat luar biasa. Tapi tentu saja untuk bisa membangun karir yang mantap sebagai pengarang dibutuhkan waktu selama bertahun-tahun. Oleh karena itu nasihat yang bisa saya berikan hanyalah, “Jika buku Anda baru terjual satu judul, maka janganlah langsung puas dan berhenti sebagai pengarang.”

Apa pendapat Anda tentang para pengarang pemula yang menulis fiksi roman hanya karena alasan uang?

Kalau seorang pengarang pemula ingin menulis hanya karena alasan uang, maka saya berani mengatakan bahwa dia akan membuang-buang waktu saja.  Bagaimana mungkin para pengarang pemula ini bersaing dengan para pengarang kawakan yang memberikan komitmennya secara total, yang mencintai genre-nya, yang mencintai pembacanya, dan yang selalu ingin menghasilkan buku yang terbaik? Hal yang sama juga akan saya katakan kepada mereka yang hanya mau menulis di saat senggang atau akhir pekan.

Apakah para pengarang Anda juga mendapat perhatian dari media massa?

Ya. Kami mempunyai banyak program publisitas bagi pengarang lokal. Dan disamping itu cukup banyak pula dari pengarang kami yang melakukan publisitasnya sendiri. Mereka diliput oleh suratkabar, televisi, radio dsb. Bahkan ada sejumlah buku Slhouette dan Harlequin yang sudah dibuat menjadi filem TV.

Tolong ceritakan lebih jauh mengenai surat perjanjian penerbitan Anda.

Surat perjanjian itu sangat standar. Dan juga sangat tergantung dari pengarang. Bagi seorang pengarang yang sudah cukup memiliki nama, bisa saja kami membuat perjanjian multi judul. Tapi bagi pengarang lain, kami membuat perjanjian judul per judul

Bagaimana dengan royalti?

Kami menawarkan royalti yang ber-eskalasi. Dimulai dari 6% penjualan netto (buku terjual dikali cover price, lalu dipotong rabat).

Hal-hal apa yang tidak Anda sukai dari seorang pengarang?

Salah satunya ialah, bila pengarang menganggap bahwa kemampuan bercerita dan membangun emosi itu bisa ditukang-tukangi secara intelektual. Yang lainnya lagi ialah, bila pengarang tidak memiliki profesionalisme dan komitmen.

Apa yang membuat Anda jadi menganggap bahwa pengarang roman kategori itu sedemikian pentingnya? Dan mengapa Anda selalu menganjurkan orang untuk menulisnya?

Begitu kami menandatangani perjanjian dengan seorang pengarang, maka kami ingin membangun hubungan yang berkelanjutan. Kami selalu ingin untuk mendapatkan bukunya yang berikut, dan yang berikutnya lagi. Tiga perempat dari pengarang kami merupakan pengarang yang telah menerbitkan lebih dari satu judul buku. Cukup banyak dari pengarang kami yang telah menulis 3 atau 4 buku dalam setahun. Dan cukup banyak juga yang telah menulis lebih dari 10 buku untuk Silhouette. Ada tiga pengarang yang telah menulis lebih dari 50 buku. Dan jumlah ini terus mengalami peningkatan. Saat ini saya sedang bekerja dengan seorang pengarang, yang dalam 10 tahun terakhir ini, telah menulis lebih dari 60 buku untuk kami.

Di Silhouette, ketika editor dan pengarang membangun hubungan, maka kedua-duanya sudah berkomitmen untuk mencapai sebuah visi yang sama: membuat pembaca bahagia, dan membuat buku terjual. Roman kategori adalah sebuah pengalaman editorial dan penerbitan yang sangat unik.

Apakah Anda memiliki saran kepada para pengarang yang sedang mencari penerbit di bidang roman kategori?

Tulislah apa yang anda senangi. Bergairahlah, dan bersikaplah professional. Bagaimana pun, resep kuncinya adalah, kemampuan bercerita. Anda harus bisa membuat pembaca jadi ingin membaca cerita Anda. Tantangan yang dihadapi oleh seorang pengarang roman, disamping kemampuan menciptakan karakter-karakter yang memukau, dan menciptakan plot yang efektif, ialah kemampuan menulis. Ruang yang tersedia bagi Anda sangat terbatas. Oleh karena itu Anda harus bisa menyajikan cerita dengan cara yang sangat memukau tapi enak. Dan ini bukanlah suatu hal yang mudah. Seperti kata seorang penulis, ”Roman kategori memang mudah dibaca. Tapi itu bukan berarti bahwa menulisnya juga mudah.” Bahkan, menurut hemat saya, sebaliknyalah yang berlaku.

Roman yang berhasil adalah roman yang bisa menangkap emosi pembaca. Kemampuan untuk membuat pembaca tertawa dan menangis adalah keharusan bagi seorang pengarang roman. Kemampuan untuk menggetarkan dawai emosional pembaca adalah suatu hal yang tak bisa dilakukan oleh editor. Hal itu hanya bisa dilakukan oleh pengarang. Sebagai editor saya memang bisa membantu pengarang dalam membangun plot yang runut dan lancar, serta membangun karakter yang konsisten. Tapi saya tak mampu melakukan “magic” yang membuat pembaca jadi tersentuh. Itu adalah tugas pengarang.

--------------------------

Isabel Swift menyelesaikan pendididkan D-3-nya dalam Bahasa dan Sastra Inggeris. “Lalu, ketika saya sedang berpikir-pikir tentang apa yang harus saya lakukan setelah selesai kuliah,” kata Swift, “Muncullah gagasan di kepala saya, ‘Bagaimana kalau saya mengerjakan suatu hal yang memang bisa saya lakukan dengan baik, sekaligus memberikan kesenangan kepada saya, dan untuk itu saya dibayar’?  Kemudian saya mulai memutuskan untuk mencari pekerjaan di penerbitan buku-buku roman. Saya memang menyenangi buku-buku roman, dan banyak membaca buku-buku roman. Dan kalau untuk itu perlu ada orang yang dibayar, maka orang itu haruslah saya.”

Untuk pertama kalinya Swift bekerja di Penerbit Pocket Books, New York, sebagai asisten editor. Kemudian dari sana ia bekerja di departemen subsidiary right, untuk kemudian dipromosikan sebagai asisten direktur dari Richard Gallen Books, yaitu sebuah lini atau seri roman yang didistribusikan oleh Pocket Books. Pada  tahun 1982, ia pindah ke Silhouette Books dan menjadi associate editor. Dari sana ia menapaki karir sampai menjadi editorial director pada tahun 1991. Spesialisasinya adalah fiksi untuk perempuan dan roman.

Imprint Silhouette mencakup lima lini novel kontemporer (Silhouette Romance, Silhouette Desire, Silhouette Special Edition, Silhouette Intimate Moments, dan Silhouuette Shadows), Harlequin Historical Line, beberapa kumpulan cerita pendek, dan dua program kontinuitas  yaitu The Loop dan Montana Mavericks. Silhouette Books bermula di tahun 1980 dengan Silhouette Romance. Pada tahun 1984, sebuah penerbit subsider yang sahamnya sepenuhnya dimiliki oleh Harlequin Enterprise Ltd, membeli imprint Silhouette dari Simon and Schuster. Harlequin memiliki cabang di berbagai belahan dunia. “Perempuan dari berbagai bangsa memang menyenangi roman,” kata Swift.

Wawancara ini dicuplik dari buku Books Editors Talk to Writers karangan Judy Mandell. Penerbit John Wiley & Sons, Inc., 1995.