#TanyaPenulis: Haqi Achmad

Beberapa waktu lalu, film Ada Cinta di SMA begitu menarik perhatian banyak penonton. Pun dengan novelnya. Adalah Haqi Achmad, sang penulis skenario, yang sukses membukukan cerita Ada Cinta di SMA ke dalam bentuk novel.

 

ahmad haqiTentunya, ada banyak perbedaan saat menulis skenario dan novel. Seperti apa perbedaannya? Bagi seorang Haqi Achmad, lebih sulit mana ya, kira-kira, menulis skenario atau novel? Adakah kesulitan yang Haqi hadapi saat harus menulis novel ACDS? Temukan jawabannya melalui #TanyaPenulis di bawah ini.

 

aminatuzzahra255: Kak Haqi, ketika membuat cerita 'ACDS', menurut kakak lebih susah mana penggambaran setting, penentuan karakter, plot, twist, atau menentukan ending? Kenapa?

Haqiachmad: Plot, karena di ACDS ada 3 tokoh utama (anggota CJR) dan ketiga tokoh ini mesti mendapat porsi cerita yang sama besarnya. Di situ tantangannya.

 

Arikriuh: Semua orang punya cerita SMA. Apa sisi beda dan menarik dari cerita Mas Haqi di novel ACDS?

Haqiachmad: ACDS menggambarkan masa SMA yang lebih dekat dengan pembaca, nggak seperti novel teenlit lain yang kebanyakan menjual mimpi/konsep ceritanya terlalu jauh dan mengawang-awang. Ada kedekatan dan realisme yang berupaya aku sampaikan dari ACDS.

 

Asrianinganro: Haiii Haqi, lebih sulit mana sih, nulis skenario atau nulis novel sendiri?

Haqiachmad: Nulis novel, karena dalam penulisan novel aku harus memikirkan pilihan kalimat/kata untuk membangun dunia ceritanya, berbeda dengan skenario yang lebih to the point dan gak perlu pilihan diksi yang terlalu heboh, hehe.

 

st.fatimah1004: Kak Haqi, jika harus memilih salah satu di antara 2 pilihan, mana yang akan Kakak pilih menjadi penulis skenario atau menjadi penulis novel?

Haqiachmad: Penulis skenario.

 

Yenilllll: Bagi trik atau tip dong Kak biar bisa jadi penulis skenario yang bagus dan gampang dilirik sama produser atau sutradara film?

haqiachmad: menurutku ada 2K yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi penulis skenario: 1) kemampuan menulis yang baik. 2) koneksi.

 

Medyaherd: Apa yang membuat Kakak membuat novel dengan genre kisah cinta anak remaja, apa karena di zaman sekarang ini banyak remaja yang sudah pacaran?

haqiachmad: Karena dunia remaja punya banyak cerita dan sebagai pencerita aku menilai bahwa cerita tentang dunia remaja gak akan pernah habis. Satu hal lagi, aku suka menulis cerita bertemakan kegelisahan dan ketika seseorang menginjak usia remaja ada banyak kegelisahan yang terjadi dalam hidupnya–dan itu merupakan sumber cerita yang sangat potensial.

 

astrivia17: Hello Kak Haqi, aku mau tanya apakah di balik penulisan novel ACDS ini asli nyata kisah cinta Kak Haqi di SMA atau dari pandangan Kak Haqi sendiri mengenai sebuah percintaan di tingkat sekolah yang penuh kebaperan ini?

haqiachmad: Inspirasi keluarga Iqbal di ACDS banyak diambil dari kehidupan keluargaku yang juga dari Betawi. Kalau untuk inspirasi bagian cinta-cintanya, hmmm cerita yang aku banget tuh cerita cintanya Kiki dan Bella yang suka jatuh cinta diam-diam, hehe.

 

Redhasheila: Apa sih, biasanya kendala-kendala Kak Haqi dalam menulis novel ACDS? Biasanya kalau lagi malas nulis, bagaimana Kakak mengatasinya?

haqiachmad: Yang aku lakuin kalau lagi malas? Ingat deadline. Dengan punya deadline kita jadi selalu punya alasan buat terus menulis—walaupun kita lagi malas, hehe. Malas itu manusiawi dan gak apa-apa, tapi kalau kita punya deadline kita jadi bisa punya ukuran/target yang menggerakkan kita buat gak malas lagi.

 

yudhis.h: Bagaimana pendapat Kak Haqi tentang orang-orang yang suka jual ebook murah di instagram? Apa itu baik/tidak? Mengapa?

haqiachmad: Jual ebook murah merupakan sesuatu yang ilegal dan melanggar hukum. Menjual dan membeli ebook ilegal merupakan perbuatan yang salah.

 

pratiwi_fendy: Kiat-kiat dalam meningkatkan kosakata apa saja dan siapa inspirasi Anda dalam membuat novel?

Haqiachmad: Banyak membaca. Penulis yang baik lahir dari pembaca yang baik :)

 

Nurbayyy: Novel yang menceritakan masa SMA itu udah banyak banget. Nah, apa sih kelebihan dari novel ACDS dan apa sih pesan yang bisa didapatkan pembaca setelah membaca novel ini?

Haqiachmad: Dengan membaca novel ACDS pembaca bisa memahami bahwa masa SMA bukan cuma cinta-cintaan saja, tapi juga proses untuk bisa lebih mengenal diri sendiri, berjuang untuk mendapat apa yang diinginkan, dan berkompetisi secara sehat.

Bagi kamu yang belum sempat membaca novel Ada Cinta di SMA karya Haqi Achmad, datang saja ke toko buku terdekat. Atau unduh ebook-nya melalui PlayStore. 

 

--

foto: Ahmad Haqi dari WritingTable.