#TanyaPenulis: Clara Canceriana

Clara Canceriana kini hadir kembali dengan novel terbarunya yang berjudul Better With You. Seperti karya-karya sebelumnya, Clara masih setia dengan novel berlatar belakang kisah cinta.

 

Kali ini, melalui Better With You, Clara akan mengajakmu mengikuti kisah cinta dua remaja bernama Haruki dan Luna. Seperti apa proses di balik penulisan Better With You? Yuk, ikuti #TanyaPenulis bersama Clara di bawah ini.

 

awmtls12: bagaimana sih caranya atau kiat-kiat biar konsisten nulis dan bagaimana caranya biar kita percaya diri sama cerita kita? Apalagi kalau nulis Wattpad kan respons pembaca pastinya beda-beda dan itu (menurut aku) memengaruhi tingkat percaya diri si penulis, hehe.

 

Claracanceriana: aku pun masih mencari cara supaya percaya diri, sejauh ini berusaha nggak banyak mikir dan berusaha melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan.

 

Sayektiardiyani: boleh tanya tip dalam penentuan setting, biasanya Clara menulis cerita dengan setting baru (belum pernah lihat) lalu cari data, ataukah menulis setting yang pernah dialami? Yang kedua, apakah selalu ada motivasi tertentu ketika menulis buku, ataukah sekadar hobi menulis?

Claracanceriana: (1) setting tergantung cerita. Kalau baru kalau belum pernah ke tempat itu, ya bisa diriset. (2) kadang motivasinya datang dari karakternya sendiri yang minta ceritanya diselesaikan.

 

Yenilllll: Jika novel Better With You diangkat menjadi film atau short movie, apa Kakak akan turun langsung menjadi pemain atau berada di belakang layar saja? Mengapa?

Claracanceriana: jika menjadi short movie? Tentu aku di belakang layar. Kalau turun jadi pemain jelas nggak mungkin jika ditilik dari kualitas aktingku yang datar, hehe.

 

Tinkeirbell: Hallo Kak. Sebenarnya novel ini menceritakan tentang apa sih, Kak? Judulnya Better With You dan sinopsisnya sedikit menceritakan tentang seseorang yang takut/susah untuk mengungkapkan perasaan.

Claracanceriana: ceritanya tentang remaja yang nggak punya keberanian untuk dirinya sendiri, dan dia ketemu seseorang yang kemudian menjadi 'keberaniannya'.

 

ise_edelwise: Adakah pengalaman atau hal spesial ketika membuat novel ini? Apakah ada next project diluar genre romance?

Claracanceriana: hal spesial? Hmm, dikejar deadline. Di luar romance, untuk novel belum, tapi ada satu tulisan dalam bahasa Jepang yang genrenya (harusnya) psikologi dan berencana untuk posting di Wattpad.

 

Safiraalkhansa: Apa yang membuat Kakak menjadikan Better With You menjadi judul sebuah novel? Adakah alasan khusus atau sebenarnya tidak ada alasan dan sekadar menggunakannya saja?

Claracanceriana: judul ini usulan dari mbak editor @anylaine ^^v tapi, aku pikir lagi judul ini pas karena memang si tokoh utama memang saling nyaman satu sama lain dan memang Better With You sih.

 

hazhwapuella.139: Salam kenal Kak, aku mau tanya, motivasi apa yang mendasari Kakak menulis novel kali ini?

Claracanceriana: Motivasinya karena aku ingin menulis dan harus ditulis. Mungkin dalam Better With You ada sedikit dorongan dari kata deadline itu sendiri.

 

Nristaa: hai, Kak. Mau tanya sejak kapan Kakak mulai menulis? Terus hambatannya apa aja yang pernah dialami Kakak selama berkarya.

Claracanceriana: suka duka jadi penulis, aku suka karena merasa setiap habis menulis rasanya ada kebahagiaan gitu. Dukanya mungkin kalau ada deadline dan kadang suka stres sendiri sampai maag kambuh.

 

Better with Youkhnisaaa_: Bagaimanasih cara Kakak untuk mengembangkan konflik dalam novel Better With You? Apakah ada kesulitan dalam menulis novel ini? Dan bagaimana Kakak mengembangkan imajinasi Kakak dalam membuat novel ini?

Claracanceriana: mengembangkan imajinasi biasanya dengan lagu. Aku punya soundtrack khusus untuk Better With You dan bersamanya aku seolah bisa melihat apa yang terjadi pada Haruki dan Luna. Jadi, aku adalah tipe yang membutuhkan musik untuk tulisanku.

 


syifa.annisa96
: Kak, kalau ada kesempatan bikin buku kolaborasi, kira-kira siapa penulis dalam negeri yang mau Kakak ajak duet? Kenapa?

claracanceriana: kolaborasi ya? Hmm sama Kakak Orizuka slash pasangan duet karokejuga.

 

Better With You sudah bisa kamu dapatkan di toko buku terdekat. Atau unduh e-book-nya melalui Google PlayStore. Selamat membaca!

 

 

Clara3

Foto dari https://www.instagram.com/claracanceriana/

 

Baca Juga: